Selasa, 21 Agustus 2012

THE FOUR (2012)


Genre : Action
Sutradara : Gordon Chan
Bintang : Collins Chou, Anthony Wong, Crystal Liu, Deng Chao, Ronald Cheng, Sheren Tang
Durasi : 1 Jam 33 Mnt 59 detik
Rating : PG 13
Rilis : Encore Films dan Cathay-Keris Films
Pertama Rilis Hongkong : 12 Juli 2012

Sinopsis : 
Pada jaman kekuasaan Dinasti Song terjadi peredaran uang palsu yang disinyalir adalah intrik dari salah satu Menteri yaitu Menteri Cai untuk menggulingkan kekaisaran. Kasus tersebut ditangani oleh Departeman 6 yang diketuai oleh Mr. Liu alias Raja Sherif. Tanpa sepengetahuan Departemen 6 ternyata ada juga sebuah badan investigasi yang mendapat titah langsung dari Kaisar untuk mengusut kasus peredaran uang palsu tersebut yaitu Petugas Suci atau Divine Constabulary yang diketuai oleh Zhuge Zheng Wo dan beranggotakan orang-orang pilihan seperti Sheng Ya Yu atau Emotionless yang punya ilmu cenayang tinggi hingga dapat membaca pikiran orang, lalu ada Tie You Xia atau Si Tangan Besi mantan pesakitan karena membunuh banyak bajak laut yang lalu direkrut oleh Zhuge Zheng Wo setelah diselamatkan dari humukan mati. Dan yang baru direkrut ketika operasi penangkapan Jia San seorang pencuri cetakan uang kerajaan yaitu Cui Lue Sheng seorang debt kolektor berilmu tinggi yang punya julukan Pencuri Jiwa.

Mr. Liu yang merasa tersaingi dan takut kekuasaannya tergeser berniat menghancurkan Petugas Suci dengan menyusupkan salah satu agennya yaitu Leng Ling Qi yang berilmu tinggi dan dapat berubah menjadi monster kuat tak terkalahkan ketika emosinya tidak tertahankan. Padahal Depatemen 6 sendiri telah disusupi oleh murid-murid dari An Shi Geng seorang penyelundup kaya raya hingga dijuluki Dewa Kekayaan yang ditugaskan untuk menghabisi Mr. Liu. Murid utama dari An Shi Geng, Ji Yao Hun dengan intrik-intrik liciknya berhasil menjadi kaki tangan terpercaya Mr. Liu setelah membunuh sersan utama sebelumnya yaitu Han Long. Tapi Ji Yao Hun jatuh hati pada Leng Ling Qi.

Sebetulnya Sheng Ya Yu mengetahui keberadaan Leng Ling Qi yang sengaja diselundupkan ke Petugas Suci untuk menghancurkan Badan Investigasi saingannya Departemen 6 tersebut. Tapi Sheng Ya Yu diam-diam mencintai Leng Ling Qi juga, hingga dirinya dirinya tutup mulut. Sebetulnya semua anggota Petugas Suci dan ketua Zhuge maklum kalau Emitionless menyukai Leng Ling Qi hingga ketika Emotionless mengemukakan penemuannya bahwa Ji Yao Hun terlibat konsipari dari peredaran uang palsu tersebut, semuanya hampir tidak mempercayainya. Pun demikian dengan Leng Ling Qi. Mereka menyangka bawa apa yang diutarakan oleh Emotionless cuma sekedar ungkapan kecemburuannya pada Ji Yao Hun yang terang-terangan mendekati Leng Ling Qi.

Dari hasil investigasi Petugas Suci bersama dengan Leng Ling Qi, diketemukan gubuk tempat pabrik pembuatan uang palsu. Hasil penemuan itu tentu saja Leng Ling laporkan pada atasannya Mr. Liu, sambil melaporkan pula bahwa Emotionless yang dapat membaca pikiran orang mencurigai keterlibatan sersan utama dari Departemen 6 yaitu Ji Yao Hua dalam konspirasi peredaran uang palsu tersebut. Hingga untuk membuktikan hal tersebut Mr. Liu sengaja menugaskan Ji Yao Hua untuk memeriksa gubuk tersebut bersama sahabat dekatnya Butterfly yang juga adalah anak murid dari An Shi Geng yang bersama-sama dengan Ji Yao Hua disusup ke Departemen 6.

Ji Yao Hua dan Butterfly beserta pasukan Departemen 6 pun meluruk ke pabrik tersebut yang ternyata sudah kosong dan yang ada cuma zombie Han Long yang mayatnya dihidupkan kembali oleh An Shi Geng. Mereka bertempur mati-matian, dan An Shi Geng yang ada disana membisiki Ji Yao Hua, bahwa penyamarannya sudah mulai tercium oleh Mr.Liu hingga Ji Yao harus membuktikan didepan Mr.Liu dan yang lainnya bagaimanapun caranya bahwa dirinya benar-benar bersih. Hal tersebut mebuat Ji Yao Hua cukup frustasi dan sangat terpaksa mengorbankan sahabat baiknya Butterfly dan melukai dirinya sendiri ketika sedang bertarung mati-matian dengan zombie Han Long. Yang lalu datang Pencuri Jiwa dan Leng Ling Qi menolong mereka dan menghancurkan Han Long.

Ji Yao Hua yang terluka parah dibawa oleh Leng Ling Qi dan Pencuri Jiwa ke markas Petugas Suci dan lukanya diobati oleh Sheng Ya Yu hingga pulih. Tapi kematian Butterfly juga telah membuat sedih Tangan Besi yang menyukainya. Keberadaan Ji Yao Hua yang terluka parah di markasnya Petugas Suci dimanfaatkan oleh Departemen 6 untuk meluruk markas Petugas Suci dan memfitnah Petugas Suci telah melukai anggota Departemen 6 dan menahannya. Hal tersebut kontan membuat Anggota Petugas Suci marah dan menuduh Leng Ling Qi telah membocorkan markas Petugas Suci hingga membuat Leng Ling Qi pergi dari markas Petugas Suci.

Pada saat Leng Ling Qi pergi itulah Petugas Suci secara tiba-tiba dibubarkan akan titah Kaisar yang terhasut Pangeran Cai, backing kuatnya penyelundup Ah Shi Geng dan ketua Zhuge diinvestigasi. Hal tersebut membuat anggota petugas suci down, tapi mereka tidak tinggal diam. Mereka masih menyelidiki sisa pabrik dan sisa zombie Han Long yang telah menjadi abu, hingga investigasi mereka makin mengarah ke An Shi Geng. Leng Ling Qi pun seorang diri diam-diam meyelidiki tempat tersebut dan penyelidikannya pun mengarah pada An Shi Geng. Sementara itu di Departemen 6, Ji Yao Hua mendapat rintangan dari Avalanche salah seorang sersan serakah yang mengetaui hubungan Ji Yao Hua dengan An Shi Geng. Avalanche mengancam Ji Yao Hua, dan meminta Ji Yao Hua untuk membunuh Mr.Liu dan menjadikan Avalanche sebagai penggantinya. Tapi bukan Ji Yao Hua kalau menyerah pada ancaman tersebut. Ji Yao Hua membunuh Avalanche dan mengarang cerita pada Leng Ling Qi kalau dirinya dilecehkan secara semena-mena Avalanche, hingga membuat Leng Ling Qi makin mempercayai Ji Yao Hua dan menceritakan hasil investigasinya yang mengarah pada An Shi Geng.

Leng Ling Qi dan Ji Yao Hua pun memeriksa dermaga An Shi Geng untuk mencari bukti. Mereka dengan Tangan Besi dan Pencuri Jiwa yang juga sedang memeriksa dermaga An Shi Geng. Dari investigasi tersebut diketemukan bukti yang makin menguatkan keterlibatan An Shi Geng dari semua kekacuan. Hal ini dilaporkan oleh Tangan Besi kepada Ketua Zhuge dan minta untuk segera bertindak. Tapi Ketua Zhuge malah menyarankan agar investigasi tersebut diserahkan kepada Departemen 6 karena Petugas Suci sedang dalam pengawasan. Para anggota Petugas Suci tidak setuju karena sudah sangat jelas Departemen 6 tak akan berani menyentuh An Shi Geng. Ketua Zhuge tetap tidak setuju untuk bertindak sendiri sampai akhirnya disadarkan oleh Leng Ling Qi kalau yang diincar Raja Sherif dari Departemen 6 adalah dirinya sendiri bukannya An Shi Geng. Sementara itu Ji Yao Hua melapor pada An Shi Geng bahwa Petugas Suci sudah menemukan bukti-bukti kuat bahwa An Shi Geng adalah dalang dari semuanya. Tapi Ji Yao Hua merasa heran mendapati kenyataan bahwa di markas God of Wealth, An Shi Geng membentuk pasukan dari mayat hidup salah satunya Butterfly.

Di markas Petugas Suci, setelah diyakinkan oleh semua anggota untuk segera bertindak, Zhuge Zheng Wei akhirnya melaporkan hasil penyelidikan Petugas Suci kepada Pangeran dengan diantar oleh Sheng Ya Yu. Di istana Pangeran ternyata telah ada Mr. Liu si Raja Sherif bersama Ji Yao Hua yang juga sama-sama melaporkan hasil investigasinya. Pada saat itulah An Shi Geng bersama pasukannya tentara mayat hidupnya menyerang istana Pangeran. Pada saat bersamaan Leng Ling Qi , Pencuri Jiwa dan Tangan Besi datang menyusul ke istana Pangeran.

Terjadi pertempuran seru antara anggota Petugas Suci yang bahu membahu dengan Departemen 6 melawan pasukan zombie-nya An She Geng, dan puncaknya pertarungan hebat antara The Four yaitu Leng Ling Qi, Sheng Ya Yu, Cui Lue Sheng dan Tie You Xia melawan An Shi Geng yang sakti mandraguna dan susah dikalahkan hingga An She Geng meledakkan dirinya sendiri setelah ditusuk oleh Ji Yao Hua yang diajaknya untuk pergi bersama.

Musnahnya An Shi Geng makin memantafkan posisi Ji Yao Hua baik di kariernya sebagai anggota Departemen 6 maupun di mata Leng Ling Qi yang sampai An Shi Geng musnah tidak mengetahui keterkaitan Ji Yao Hua dengan An Shi Geng.
oOo

Film The Four yang berseting di jaman kerajaan-kerajaan, seperti halnya film-film action mandarin, dipenuhi dengan perkelahian-perkelahian dengan gaya silat tingkat tinggi. Mereka sakti-sakti dan memiliki ilmu yang beladiri yang mumpuni, seperti Emotionless, meskipun dia cacat dan tidak bisa berjalan, tapi dia mempunyai ilmu beladiri yang tinggi juga.

Sungguh hebat menyaksikan pertarungan Emotionless melawan pasukan zombie Ah Shi Geng sementara tangannya bertumpu pada tongkat yang membantunya berdiri, padahal ditengah pertempuran tersebut Emotionless pun harus bertarung dengan Ji Yao Hua yang tak kalah mumpuni, dalam rangka memperebutkan Leng Ling Qi.

Secara keseluruhan untuk hiburan, film ini memang cukup menghibur. Alur ceritanya meskipun ada unsur detektive tapi tidak berat, dan seperti film-film action mandarin umumnya dipenuhi dengan adegan-adegan perkelahian yang ditata indah. Sayangnya kehadiran dari zombie atau mayat hidup yang dibangkitkan kembali oleh Ah, sedikit mengganggu hingga film ini tak ubahnya film-film komedi vampire hongkong era 80-90an. Tapi so far, film ini cukup bagus.

Lalu siapakah yang dapat memikat hati Leng Ling Qi ? Apakah gadis lumpuh Emotionless ataukah gadis cantik berpangkat tinggi Ji Yao Hua ?

Penasaran ? segera ajah tonton filmnya.... 

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More