Sabtu, 06 Oktober 2012

THE EXPENDABLES 2

Produksi : Millenium Film dan Nu Image Film
Release : 16 Agustus 2012
Sutradara : Simon West
Genre : Action, Thriller
Pemain : Sylvester Stallone, Jason Statham, Jean Claude Van Damme, Dolph Lundgren , Jet Li, Arnold Schwazenegger, Bruce Willis, Liam Hemsworth, Yu Nan, Randy Couture, Chuck Norris
Durasi : 103 minits
Rating : di Imdb 7.4
Sinopsis :
Adegan di buka dengan  aksi para anggota Expendables dalam upaya pembebasan sandera seorang milyuner asal China yang ditawan oleh teroris militant Nepal.  Dan ternyata oleh teroris tersebut ditahan juga Trench (Arnold Schwazenegger) musuh benci tapi rindunya Barney Ross (stallone) ketua tim The Expendables.

Sebuah prolog dengan durasi sekitar kurang lebih seperampat jam yang penuh dengan baku tembak dan baku ledak. Begitu seru menegangkan. Sekaligus prolog ini adalah adegan penutup untuk Li yang diceritakan terjun dari pesawat di kawasan China untuk mengantar pulang sang milyuner ketika kapal Expendables melewati sana ketika hendak pulang ke Amerika.

Dan ceritapun berlanjut ketika Barney Ross mendapat tugas secara paksa dari Church (Bruce Willis) untuk menemukan sebuah kotak penting yang berada dalam suatu pesawat terbang. Barney Ross mau tidak mau harus menyelesaikan tugas tersebut sampai tuntas dengan ancaman uang $5 Juta dari yang di janjikan oleh Church ketika menumbangkan rezim dictator di sebuah Negara kepulauan yang ujung-ujungnya menjadi pertempuran pribadi Barney dalam rangka menyelamatkan sang putri dictator (film The Expendables (2010)).

Kotak tersebut merupakan sebuah komputer yang berisi peta dari tambang plutonium yang sudah ditutup. Sayangnya pesawat tersebut mengalami kecelakaan dan jatuh di daerah Albania. Ditemani oleh seorang cewek bernama Maggie (Yu Nan) yang merupakan ahli computer mereka berusaha menemukan kotak tersebut.

Kotak sudah ditemukan namun sayangnya salah satu anggota tim bernama Billy the Kid (Liam Hemsworth) tertangkap dan terbunuh oleh Vilian (Van Damme) dan kelompoknya. Tidak hanya itu saja, kotak juga berhasil dirampas oleh mereka. Timbul rasa kesedihan dan ingin balas dendam maka Barney mengajak kawan-kawannya untuk mengejar Vilian.

Dalam salah satu pertempurannya dengan kelompok Sang yang merupakan kaki tangan Vilian, Barney terdesak dan terpojok. Untunglah datang penyelamat yaitu Booker (Chuck Norris) yang merupakan teman lama Barney.

Pada medio Oktober 2010, hadir film The Expendables yang cukup menghebohkan karena para pemain terdiri dari aktor-aktor film action papan atas. Di film ini tumplek blek para dedengkot bintang action dari mulai Sylvester Stallone, Jason Statham, Jet Li, Dolph Lundgren, Mickey Rourke, Eric Roberts, Randy Couture, Steve Austin dan Arnold Schwazenegger serta Bruce Willis yang nyaris tampil cuma sebagai cameo dengan penampilan sekilas mereka.

Kini di 2012, hadir film sequelnya yang makin tumplek blek dengan kehadiran Chuck Norris yang sepertinya maksa untuk dijejalkan dan tampil Jean Claude Van Damme yang hadir sebagai vilian. Tapi minus kehadiran Mickey Rourke. Di seri ke 2 inipun hadir anggota baru di jajaran tentara bayaran tersebut seorang anak muda Billy The Kid yang sayangnya harus mati. Dan karakter The Woman Expendables (Maggie). Sepertinya akan lebih heboh lagi kalau yang memerankan Maggie adalah Michelle Yeoh (itu kalau karakternya Maggie harus oriental look) atau misal Cindy Rothrock yang sudah terkenal sebagai bintang laga wanita di era 80an sampai 2000an. Satu era dengan Stallone, Van Damme dan kawan-kawan.

Kehadiran Norris dan penampilan Willis serta Schwazenegger yang porsinya lumayan banyak bila dibandingkan dengan kehadiran kedua bintang tersebut di seri pertama, harus ditebus dengan hilangnya aksi Jet Li yang Cuma tampil di prolog film, selanjutnya doi menghilang gak tampil-tampil lagi, cukup mengecewakan juga.

Dan lebih mengecewakan lagi, aksi para tentara bayaran di The Expendables 2 ini sepanjang film cukup membosankan. Ditengah hadirnya film-film dahsyat yang mewarnai tahun 2012 seperti The Avengers , The Dark Knight Rises, dll, The Expendables 2 terasa begitu hambar. Begitu kering dengan special effect yang dahsyat seperti halnya film-film seperti produksi studio-studio besar Hollywood lainnya. Minus dengan adegan baku tembak dan baku ledak yang menegangkan dan mendebarkan. Nama besar Stallone, Van Damme, Jason Statham, Willis dan Schwazenegger tidak bisa membuat film ini seru. Kita tak ubahnya seperti menonton film action jadul era awal tahun 90an. Bahkan bila dibanding dengan film Willis dari serial Die Hard pun, film ini masih kalah seru.

Segi ceritanyapun begitu sederhana. Banyak adegan-adegan seperti hal-hal yang terjadi secara kebetulan yang cukup penulis sayangkan. Mengapa ? tentu saja terlalu menggampangkan untuk menang. Tidak hanya sekali tetapi beberapa kali. Pada saat Barney terjebak didalam gua dan tidak bisa keluar, tiba-tiba datang Trench yang datang dengan kendaraan pengebor. Pada saat terjadi tembak-menembak di bandara, Barney yang terpepet dibelakang meja, tiba-tiba datang pertolongan dari Booker dengan senjata otomatisnya. Seharusnya kebetulan-kebetulan seperti ini dihindarkan atau dibuat dengan cara lain. Juga Church yang tiba-tiba muncul dan memberikan pertolongan.

Tapi bagaimanapun juga, film ini sempat nangkring di chart box office dengan perolehan $268.993.000, dan andai nanti hadir The Expendables 3, semoga tidak mengecewakan lagi kita sebagai penikmat film action. Lalu siapa yang nanti akan gabung ? Steven Siegel kah ? Atau mungkin Angelina Jolie dan Milla Jovovich ? siapa tahu… dan kira-kira siapa yang anda harapkan ???

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More