Senin, 20 Januari 2014

12 Years A Slave ~ Kisah Nyata Perbudakan Yang Mengharu-biru

Berlatarbelakang tahun 1841, Solomon Northup (Chiwetel Ejiofor) adalah seorang negro merdeka yang bekerja sebagai tukang kayu terampil sekaligus pemain biola, dan tinggal bersama istri dan dua anaknya di Saratoga Springs, New York. Dua pria (Scoot McNairy dan Taran Killam) menawarinya pekerjaan sebagai musisi dua mingguan, tetapi mereka mencekoki Northup dengan minuman sampai mabuk dan ia terbangun dalam keadaan terantai, hendak dijual ke tempat perbudakan.

Northup dikirim ke New Orleans dan diberi nama "Platt", dengan identitas seorang budak pelarian dari Georgia. Setelah dipukuli berulang kali, ia akhirnya dibeli oleh seorang pemilik perkebunan bernama William Ford (Benedict Cumberbatch). Northup berhasil menjalin hubungan baik dengan Ford, seorang master yang cukup baik hati. Di perkebunan Ford, Northup merintis jalur air untuk mengangkut kayu dengan cepat dan efektif ke seberang sungai, dan Ford menghadiahinya sebuah biola sebagai ungkapan terima kasih. Tukang kayu di perkebunan Ford yang rasis bernama John Tibeats (Paul Dano) membenci Northup, dan mulai berupaya melecehkannya secara verbal.

Ketegangan antara Tibeats dan Northup meningkat; Tibeats menyerang Northup, dan Northup melawan balik. Sebagai pembalasan, Tibeats dan teman-temannya berupaya untuk menggantung Northup di pohon, yang terjerat kesakitan selama berjam-jam. Ford menyatakan bahwa untuk menyelamatkan hidup Northup, ia harus dijual kepada Edwin Epps (Michael Fassbender). Northup mencoba menjelaskan kepada Ford bahwa ia sebenarnya bukanlah seorang budak. Ford menanggapinya dengan berkata bahwa "ia tidak bisa mendengar hal ini" dan menyatakan "ia memiliki utang yang harus dibayar" sehubungan dengan harga pembelian Northup.

Epps percaya bahwa hak untuk menyiksa para budak diperbolehkan oleh Alkitab. Para budak diharuskan untuk memanen kapas setidaknya 200 pon perhari, kalau tidak akan dicambuki. Seorang budak perempuan muda bernama Patsey (Lupita Nyong'o) mampu memanen kapas lebih dari 500 pon perhari dan dipuji oleh Epps. Istri Epps (Sarah Paulson) cemburu dan seringkali menyakiti Patsey. Epps juga berulang kali memerkosa Patsey.

Epps mengira bahwa para budak yang baru dipekerjakan telah menyebabkan munculnya wabah cacing kapas, wabah yang menurutnya dikirim oleh Tuhan. Ia menyewakan para budak tersebut kepada perkebunan tetangga saat musim panen. Ketika bekerja di sana, Northup menerima kebaikan pemilik perkebunan, yang memberinya uang koin setelah bermain biola di sebuah perayaan ulang tahun pernikahan.

Setelah Northup kembali ke perkebunan Epps, ia memanfaatkan uang tersebut untuk membayar seorang pekerja kulit putih dan mantan pengawas perkebunan (Garret Dillahunt) untuk mengeposkan suratnya kepada temannya di New York. Si pekerja kulit putih setuju untuk membantu Northup dan menerima uangnya, tetapi ia berkhianat dengan melaporkannya kepada Epps.

Lalu bagaimana nasib Platt alias Soloman Northup selanjutnya di tangan si tuan Epps yang kejam tak kepalang ?



12 Years a Slave adalah film drama sejarah epik Amerika Serikat-Britania Raya tahun 2013 yang diadaptasi dari memoar tahun 1853 berjudul sama mengenai Solomon Northup, seorang negro merdeka kelahiran New York yang diculik di Washington, D.C. pada tahun 1841 dan dijual sebagai budak. Ia bekerja di perkebunan di negara bagian Louisiana selama dua belas tahun sebelum dibebaskan. Edisi pertama memoar Northup, yang disunting oleh Sue Eakin dan Joseph Logsdon pada tahun 1968, telah ditelusuri dengan saksama dan dipastikan keakuratannya.

Film ini adalah film ketiga yang disutradarai oleh Steve McQueen, dan diskenarioi oleh John Ridley. Chiwetel Ejiofor berperan sebagai Solomon Northup, yang telah menerima banyak pujian atas aktingnya dalam film ini. Pengambilan gambar utama berlangsung di New Orleans, Louisiana, dari tanggal 27 Juni hingga 13 Agustus 2012, dengan biaya produksi $20 juta. Lokasi syuting yang digunakan meliputi empat perkebunan antebellum bersejarah, yakni Felicity, Magnolia, Bocage, dan Destrehan. Dari keempat lokasi ini, Magnolia adalah perkebunan yang paling mirip dengan perkebunan tempat Northup diperbudak. Film ini menerima beragam pujian kritis, dinobatkan sebagai "film terbaik tahun ini" oleh beberapa media, dan menerima sejumlah penghargaan dan nominasi, termasuk Film Drama Terbaik Golden Globe 2014, dan sembilan nominasi Academy Award, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Steve McQueen), Aktor Terbaik (Chiwetel Ejiofor), Aktor Pendukung Terbaik (Michael Fassbender), dan Aktris Pendukung Terbaik (Lupita Nyong'o).

Film apik ini rilis secara perdana untuk kalangan terbatas yaitu melalui ajang Festival Film Telluride pada tanggal 30 Agustus 2013. Sedangkan untuk umum, film mulai ditayangkan di bioskop-bioskop USA mulai tanggal 8 November 2013. Untuk konsumsi Britani Raya, film ini mulai edar pada tanggal 10 Januari 2014, dan di Indonesia sendiri, seperti yang di kutip di situs 21cineplex.com, film ini masih dalam daftar tunggu tayang.

Link Free Download 12 Years A Slave:
DVDRip AVI Medium profile: XVid video 624x352 896kbps, mp3 audio 44,1 KHZ 160 kbps, size: 1,003GB, Indonesian Subtitle

http://www.mediafire.com/download/tffkx74filjt697/12%20years.part01.rar
http://www.mediafire.com/download/wofiffwnv2ih23s/12%20years.part02.rar
http://www.mediafire.com/download/gmt52d6m0832l6a/12%20years.part03.rar
http://www.mediafire.com/download/kd3suf62276qsxw/12%20years.part04.rar
http://www.mediafire.com/download/6l9v46q1bbmxnvv/12%20years.part05.rar
http://www.mediafire.com/download/kufgad7idn3dzj2/12%20years.part06.rar
http://www.mediafire.com/download/0jotoepglrna49w/12%20years.part07.rar
http://www.mediafire.com/download/x7ix4fvpyasfi44/12%20years.part08.rar
http://www.mediafire.com/download/eam8k4vf89hq8k6/12%20years.part09.rar
http://www.mediafire.com/download/6hbydirl9ud9le7/12%20years.part10.rar
http://www.mediafire.com/download/xkq0uyg0c0klxrb/12%20years.part11.rar



Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More