Minggu, 24 Agustus 2014

The Forbidden Kingdom (2008) ~Pertama Kalinya Mempertemukan Jackie Chan Dan Jet Li~


Alkisah, ada seorang anak asal Boston yang menggilai cerita-cerita asal China. Dia hobi berkunjung ke daerah pecinan dan berburu film bajakan cerita China. Toko ini dikelola oleh seorang yang sangat tua. Suatu hari, anak ini melihat ada sebatang tongkat di toko tersebut. Ia mengenal tongkat itu sebagai tongkan Raja Kera. Pak tua pemilik toko menjelaskan, tongkat itu menunggu untuk ditemukan oleh seseorang yang akan mengembalikannya kepada Raja Kera. Kakek pak tua itu, dulu menunggu orang tersebut, tapi tak datang juga. Kini, giliran dia yang menunggu. Sekelompok anak berandalan hendak merampok toko Pak Tua itu, ketika Pak Tua tertembak, ia berpesan kepada anak Amerika untuk mengembalikan tongkat itu kepada pemiliknya. Anak ini lari, kabur membawa tongkat, hingga ke atas gedung, dikepung oleh kawanan berandalan yang hendak membungkamnya. Di sinilah kemudian dia merasa, tongkat itu menariknya. Tahu-tahu ketika sadar, ia telah berpakaian pengembara ala China dan telah terlempar ke tahun lampau. Dimulailah pengembaraannya mengembalikan tongkat ke Raja Kera yang sedang dikutuk jadi batu oleh Panglima Giok di Kerajaan Terlarang. Yang asik, anak amerika ini bertemu tokoh legenda cerita China lainnya, seperti Drunken Master (Pendekar Mabuk, yang kemudian jadi gurunya -diperankan oleh Jackie Chan), Sparrow (Pendekar Burung Walet), juga Crow (Siluman Gagak, musuh Kera Sakti).

Tonton streaming Video Full film The Forbidden Kingdom


The Forbidden Kingdom adalah film produksi Amerika yang notabene adalah Hollywood, namun di sana-sini diwarnai silat ala China yang segar, yang sangat akrab bagi saya ataupun para penggemar film-film martial art produksi Mandarin (HK/China) yang kerap nonton film-film silat China (lebih segar dari silat di film Crouching Tiger Hidden Dragon). Dan satu hal lagi, di film ini dipasang dua nama yang seolah menjadi jaminan mutu untuk setiap film Mandarin, ya... Jackie Chan dan Jet Li, yang untuk pertama kali-nya di duetkan di satu film.

Ditambah dengan penulis naskah kenamaan John Fusco membuat film yang disutradarai oleh Rob Minkoff ini patut diacungi jempol. Walaupun memang ada beberapa kejanggalan yang kurang diperhatikan sang sutradara, seperti :

1. Jason tiba-tiba mahir menunggang kuda padahal di dunia nyata tidak ada penjelasan sama sekali bahwa Jason mahir menunggang kuda.
2. Ada adegan dimana pintu gerbang Istana Giok dijaga ketat oleh ratusan pasukan tentara Giok namun dengan mudahnya the Silent Monk dan Golden Sparrow menembus mereka untuk menyusul Jason yang sudah terlebih dahulu bertemu dengan jade Warlord.

Tapi semua itu tidak menjadikan film ini cacat untuk ditonton sampai akhir, bahkan, cukup memuaskan.

Dari ide cerita, sebetulnya gak fresh banget, kisah anak yang “terlempar” ke dunia antah-berantah, tentu bukan tema baru. Ada The Never Ending Story (film lama, kalau tidak salah diproduksi tahun 1979), lalu ada film animasi Alice in Wonderland (ini juga film lama). Film-film baru dengan tema sama; Narnia: The Witch, The Lion and The Wardrobe. Kisah Peter Pan yang dibintangi oleh Robin Williams, diangkat dengan judul The Hook, juga dibuka dengan tokoh yang tiba-tiba masuk ke dunia anak abadi di balik awan.

Akhir kata, saya tidak mau berbicara soal tehnik kamera, pencahayaan, adegan mubadzir, and all that crap, karena saya sedang girang. Lagipula, memang tidak ada yang perlu dipersoalkan. Bahkan ending cerita yang sudah bisa ditebak, yaitu ketika tokoh Sparrow dihidupkan kembali di dunia nyata sebagai gadis China yang bekerja di toko seberang toko milik Pak Tua, pun mampu menghibur saya. Semua rasanya pas.

Mau download film The Forbidden Kingdom dengan subtitle Indonesia (hardsub) ? silahkan masuk KESINI !



Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More