Kamis, 08 November 2012

5 Film Kung Fu Terbaik Sepanjang Masa : Versi detikHot

Beberapa hari yang lalu salah satu sobat saya mention di twitter memberikan link dengan judul 5 Film Kung Fu Terbaik Sepanjang Masa yang di muat di situs detikHot (http://hot.detik.com/movie/read/2012/11/01/152926/2078766/229/2/5-film-kung-fu-terbaik-sepanjang-masa). Tulisan tersebut di kirim salah seorang kontributor detikHot berpandukan pada List yang di tulis di situs Total Film.

Berikut 5 Film Kung Fu Terbaik Sepanjang Masa menurut berita yang dilansir di detikHot tersebut.

1. Shanghai Noon yang dibintangi oleh Jackie Chan dan Owen Wilson yang dirilis pada Tahun 2000.

2. Kung Fu Hustle yang dibintangi oleh Stephen Chow

3. Rush Hour yang difilm ini Jackie Chan berduet dengan Chris Tucker

4. IP Man yang dibintangi oleh Donnie Yen

5. Enter The Dragon yang dibintangi oleh maestro film Kung Fu, Bruce Lee, produksi tahun 1973


Nha, lalu sobat saya itu nanya, gimana menurut saya tentang list tersebut. Seketika saya menjadi tergelitik juga untuk mengkritisi List tersebut di atas. Memang kalau untuk urusan film, bagus atau tidak bagus, terbaik atau terjelek, bagi saya yang sama sekali bukan kritikus film dan sama sekali tidak mengerti banget soal sinematography, semuanya menjadi absurd. Yang bermain lalu menjadi menjadi seru atau tidak film-film yang kita tonton, yang mana disini sangat dipengaruhi sekali oleh rasa "like" dan "dislike".

Saya sama sekali tidak memahami, dasar dari apa yang dijadikan panduan oleh sang penulis di detikHot tersebut hingga 5 Film di atas didapuk sebagai 5 Film Kung Fu Terbaik Sepanjang Masa. Apakah dari segi penggarapan ? dari segi kecanggihan tekhnologi atau spesial effect atau dari segi kepopuleran film tersebut ?

Kalau menurut saya pribadi, saya kurang setuju dengan list diatas tersebut. Masih banyak film-film Kung Fu yang lebih bagus dari itu. Okelah, 2 dari Daftar Film tersebut diatas, saya setuju mereka nangkring di daftar 5 Film Kung Fu Terbaik Sepanjang Masa. 2 Film tersebut adalah IP Man dan Enter The Dragon. Bagi penggemar film silat mandarin atau Kung Fu, pasti tak akan membantah dengan pernyataan penampilan Bruce Lee sang maestro film-film Kung Fu memang terbaik di film terakhirnya tersebut. Lalu IP Man, siapa yang tidak setuju coba, kalau filmnya Donnie Yen tersebut memang betul-betul BEST. Sedangkan yang ketiga lainnya... ? Sepertinya tidak dech.

Nha, lalu... film Kung Fu yang menurut saya terbaik juga adalah :
#Kung Fu Master atau Once Upon a Time in China produksi tahun 1991 yang dibintangi oleh Jet Li , adegan-adegan persilatan yang dipersembahkan oleh Jet Li di Kung Fu Master, begitu memukau.
#The Shaolin Temple yang juga dibintangi oleh Jet Li, produksi tahun 1982.
#New Dragon Inn produksi tahun 1992 yang dibintangi oleh Donnie Yen, Brigitte Lin, Tony Leung dan Maggie Cheung. Lihat adegan klimak di mana Tony Leung, Brigitte Lin dan Maggie Cheung bahu membahu bertarung mati-matian melawan Donnie Yen.
#Swordman dan Swordman 2, hasil besutan dari Tsui Hark.
#Shaolin produksi tahun 2011 yang dibintangi oleh Andy Lau.
#Drunken Master produksi tahun 1978 yang lalu hadir sequelnya The Legend of Drunken Master produksi tahun 1994 yang dibintangi oleh Jackie Chan, Anita Mui dan Andy Lau. Di film ini meskipun Jackie Chan udah tua tapi tetep tidak miscasting meskipun didapuk sebagai Wong Fei Hung muda yang berorang-tuakan Anita Mui dan Ti Lung.
 
Film-film tersebut, menurut saya lebih fantastic dari pada film Rush Hour, Shanghai Noon dan Kung Fu Hustle.

Lalu bagaimana menurut Anda ?
Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More