Kamis, 31 Oktober 2013

Captain Phillips


Captain Phillips adalah film action thriller yang diangkat dari kisah nyata tentang tindakan heroic seorang kapten kapal kargo berbendera USA Maersk Alabama MV, Kapten Phillips yang kapalnya dibajak oleh sekelompok perompak Somalia di laut lepas Somalia pada tahun 2009. Kapal ini adalah kapal kargo berbendera Amerika Serikat pertama yang berhasil dibajak oleh bajak laut Somalia dalam kurun waktu 200 tahun terakhir.


Tom Hanks, aktor peraih 2 piala Oscar bekerjasama dengan sutradara nominasi Oscar Paul Greengrass dan penulis naskah Billy Ray untuk mengangkat kisah nyata Richard Phillips, sang kapten kapal yang menyerahkan diri kepada perompak Somalia demi krunya bisa dibebaskan.

Kapal kargo The Maersk Alabama sedang melakukan perjalanan ke Mombasa Kenya, ketika dikepung dan berhasil dinaiki oleh sekelompok perompak Somalia garang ganas yang dipimpin oleh Muse (Barkhad Abdi). Beberapa awak kapal berhasil bergegas ke ‘ruang aman’, sementara di dek Phillips (Tom Hanks) dan Muse terlibat dalam konflik yang menegangkan. Muse di bawah perintah ‘bos’ –seorang pemimpin faksi local--, berharap bisa mendapat tebusan uang besar setelah merasa berhasil menguasai kapal.


Kapten Phillips terus berusaha mengalihkan perhatian para perompak agar para awak kru bisa bersembunyi di ‘ruang aman’ tersebut sampai bantuan datang, padahal ancaman bisa meletus setiap saat menjadi kekerasan.

Dalam suatu tindakan, para awak berhasil menangkap Muse. Para awak melakukan negoisasi dengan para perompak yang tersisa, mengatur pertukaran Phillips dengan sekoci kapal. Namun, Phillips berhasil di bawa masuk ke sekoci tersebut dan disandera oleh Muse dan kawan-kawan.


Dalam sekoci yang berjalan lambat dengan jarak 145 mil jauhnya di lepas pantai Somalia, ketegangan memanas antara bajak laut yang kehilangan kontak dengan kapal mereka.

Melalui gaya penyutradaaran yang khas dari Paul Greengrass, ketegangan yang terjadi di sekoci kapal baik antara sesama perompak atau Muse dan Phillips, dikemas menjadi sebuah thriller yang mendebarkan.

Permaianan emosi yang kompleks antara Muse dan Phillips. Siapa yang tidak tegang, ketika para perompak yang bersitegang menjadi sasaran tembak tim penyelamat sementara mereka juga tidak bisa mengidentifikasi Phillips yang menjadi sandera.

Film Captain Phillips memang terfokus pada hubungan emosional antara Kapten Richard Phillips dan kapten bajak laut Somalia Muse, yang membawa dia sebagai sandera. Penuh konflik menegangkan yang masing-masing mencoba survive dengan keadaannya sendiri-sendiri pada kekuatan belas kasih diluar control mereka.

Akting Tom Hanks sebagai Richard Phillips memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Yang cukup menarik perhatian adalah Barkhad Abdi yang berperan sebagai Muse. Bahasa tubuh dan wajahnya berhasil memberi penonton sebuah kebencian yang memuncak kepada sosok perompak. Garang tapi dingin…


CAPTAIN PHILLIPS
Directed by: Paul Greengrass
Produced by: Michael De Luca, Dana Brunetti, Scott Rudin, Kevin Spacey
Written by: Billy Ray
Starring: Tom Hanks, Barkhad Abdi
Music by: Henry Jackman
Cinematography: Barry Ackroyd
Editing by: Christopher Rouse
Studio: Michael De Luca Productions, Scott Rudin Productions, Trigger Street Productions
Distributed by: Columbia Pictures
Release date(s): October 11, 2013
Running time: 134 minutes
Country: United States
Language: English, Somali
Budget: $55 million
Box office: $98,700,937


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More