Rabu, 06 November 2013

Machete Kills ~ Sebuah Sequel Yang Menyedihkan

"Pemerintah Amerika Serikat menyewa Machete untuk menumpas gembong narkoba berbahaya. Gembong narkotika tersebut mengancam keamanan nasional dengan senjata berbahaya"
Machete Kills
Rated: R
Durasi: 107 minits
Genre: Action, Crime, Thriller
Rilis: 11 Oktober 2013 (USA)
Rating; 6.2/10
Sutradara: Robert Rodriguez
Penulis: Kyle Ward (skenario), Robert Rodriguez (cerita)
Pemain: Danny Trejo, Alexa Vega, Mel Gibson, Michelle Rodriguez, Charlie Sheen, Lady Gaga, Antonio Banderas, Cuba Gooding Jr, Demian Bichir, Marco Zaror, Amber Heard.

Masih ingat dengan film Machete (2010) hasil besutan Robert Rodriguez dan Ethan Maniquis?
Nah, seperti janjinya di ending film Machete (2010), Robert Rodriguez melanjutkan kembali aksi si wajah sangar Danny Trejo sebagai Machete di Machete Kills.

Jika Anda pernah menonton Machete (2010),  Anda mungkin tidak akan terlalu banyak keberatan bila dikatakan bahwa siapapun yang sudah pernah menyaksikan Machete, akan kehilangan moment-moment terbaik dari Machete Cortez pada saat Anda melewatkan Machete Kills. Machete Kills dan tokoh utamanya sedih dari awal sampai akhir. Dan kita sepertinya dipaksa untuk terus menyaksikan Robert Rodriguez yang membuang-buang bakatnya, terutama karena wajah melakolis dari Machete dan terkadang sinis yang benar-benar tidak pantas.

Pria dengan Machete (parang), masih sangat menyukai untuk memegang senjata pilihannya. Mengiris dan mencincang musuhnya dengan ketenangan layaknya seorang koki yang sedang mencincang daging bahan masakannya. Tapi di installment ini dia harus menghadapi beberapa senjata revolusioner khayalannya sang sutradara yang tak ubahnya seperti sutradara film-film kelas B. Salah satunya wanita dengan Bra yang dilengkapi senapan mesin. Tapi bagaimanapun juga, Machete hanyalah menyelamatkan dunia.


Film dibuka dengan trailer palsu untuk sequel dari Machete Kills, berjudul Machete Kills Again... in Space! Penonton sepertinya sedang dipersiapkan --atau set awal-- untuk puncak dari 'trilogy' Machete yang bersetting di sebuah galaxy yang tidak begitu jauh, dimana beberapa teknologi dari dekade silam akan bersaing untuk menarik perhatian kita. Ditengah pembantaian, narator menyebutkan beberapa nama pemain yang komposisi-nya hampir sama namun berani mengklaim bahwa yang akan bermain sebagai pria bertopeng adalah Leonardo DiCaprio walaupun setelahnya diralat kembali dan dinyatakan bahwa nama pemain masih akan bisa berubah.

Semuanya tampak sedikit konyol, dan jika kita melihat serial kedua dari 'trilogy' Machete, maka kita akan menemukan banyak karakter yang sama. Dan ruang angkasa versi Rodriguez terlihat cukup membosankan. Tapi mungkin nanti filmnya akan membawa sesuatu yang 'hot'.

Namun sayangnya, sesuatu yang 'hot' tersebut ternyata tak tertampil di Machete Kills. Film pertama yang begitu penuh dengan 'keseksian' ala-ala Tarantino, di Machete Kills tidak bisa berkembang. Tampaknya imajinasi Rodriguez mulai kering dan mulai mengambil konsep-konsep yang dia rasa pantas seperti Mission Imposible dan serial televisi 24.

Film ini pun terlalu banyak mengumbar nama-nama beken, sebut saja Lady Gaga, Cuba Gooding Jr, Antonio Banderas dan Mel Gibson yang semuany berada di sisi super vilian yang bertopeng untuk menutupi identitas mereka. Bahkan Lady Gaga, Cuba Gooding Jr, dan Antonio Banderas bertukaran posisi untuk memerankan satu tokoh sebagai bounty hunter yang terus-terusan bergonta-ganti topeng. Hal tersebut seperti mengambil konsep dari Mission Imposible punya-nya John Woo. Rodriguez pasti menyadari betapa konyolnya pendekatan ini. Namun bahkan, ketika ia menggunakannya untuk bersenang-senang hal tersebut menjadi cukup menjengkelkan.

Yang bisa membuat kita tersenyum saat menyaksikan Machete Kills adalah penampilan karakter Presiden US yang ambisius Rathcock yang dimainkan oleh Charlie Sheen yang di kredit title menggunakan nama aslinya yaitu Carlos Estevez. Rathcock ingin membuktikan bahwa ia dapat hidup sampai bagian dari dua namanya. Pertama, dia memperkerjakan Machete dan kedua dia dapat melakukannya sendiri.

Rathcock menjanjikan Machete, bahwasanya ia bisa menjadi warga negara resmi US kalau ia menerima misi untuk membunuh Mendez, seorang gembong kartel narkotika Meksiko yang mempunyai rudal yang mengarah lurus ke USA. Dengan cara ini, Rathcock tidak memperlihatkan kemurkaan kepada musuhnya secara langsung. Namun video kampanyenya yang berbicara niatnya untuk membuat perubahan digambarkan jelas-jelas penuh dengan nafsu kekerasan. Seperti berpose dengan persenjataan yang sangat besar.

Overall menyaksikan film Machete Kills yang penuh dengan adegan-adegan imagioner Rodriguez seperti memburainya usus, wanita dengan bra bersenapan mesin, adegan dar der dor dari gangnya SHE yang dipimpin oleh Luz (Michelle Rodriguez) yang tampak tak masuk akal menjadikan film ini nyaris seperti film Grade B. Tapi dengan masih menyandang judul Machete, kita berharap Machete Kills Again... in Space! akan banyak perbaikan dengan Real Mean Machete, tentunya. Semoga...



Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More