Minggu, 06 Agustus 2017

Selain Batman Trilogy, Ini 5 Film Terbaik Christopher Nolan yang Wajib Ditonton

Christopher Nolan memang bukan sutradara biasa. Sineas berusia 46 tahun ini selalu berhasil menciptakan film-film bertema dark yang sukses di pasaran. Alur cerita yang rumit, plot twist tak terduga, serta sinematografi yang ciamik telah menjadi ciri khas sutradara asal Inggris ini.


Movie Mania mungkin mengenal namanya sebagai sutradara trilogi Batman, yaitu Batman Begins (2005), The Dark Knight (2008), dan The Dark Knight Rises (2012). Ketiga film ini disebut-sebut sebagai versi Batman terbaik oleh para fans, dan telah meraup pendapatan fantastis sebesar Rp 31 triliun di seluruh dunia.

Tak cuma Batman Trilogy, film-film Christopher Nolan lainnya juga wajib Movie Mania tonton lho. Nah, jangan ngaku Movie Mania sejati kalau belum nonton 5 film terbaik Christopher Nolan ini.

1. Memento (2000)
Nolan mengawali karirnya dengan gemilang lewat debut film Memento. Film thriller ini menceritakan perjalanan seorang pria bernama Jonathan (Guy Pearce) dalam mencari pembunuh istrinya. Akibat penyakit short-term memory loss yang dideritanya, Jonathan selalu kehilangan ingatan setiap kali ia tertidur. Ia hanya mengandalkan pencariannya melalui serangkaian foto-foto dan catatan yang dikumpulkannya setiap hari. Alur maju-mundur yang kompleks dijamin bikin kamu penasaran terus hingga adegan terakhir. Meski saat itu Nolan masih pendatang baru, Memento telah berhasil meraih 2 nominasi Oscar. Wow!

2. The Prestige (2006)
Setelah kesuksesan Batman Begins, Nolan hadir kembali dengan kisah persaingan dua pesulap, The Prestige. Robert Angier (Hugh Jackman) dan Alfred Borden (Christian Bale) adalah dua sahabat yang berubah jadi rival sejak kematian istri Robert di panggung. Robert menuduh kematian istrinya adalah akibat kesalahan Alfred. Bertahun-tahun berlalu, dan kini Robert terobsesi menyingkap rahasia teknik sulap terbaru Alfred demi menghancurkan karirnya. The Prestige mendapatkan 2 nominasi Oscar di kategori art direction dan sinematografi.

3. Inception (2010)
Nah, Movie Mania pasti sudah enggak asing dengan film yang satu ini. Inception bercerita tentang sekelompok orang yang mencuri informasi penting dengan cara masuk ke dalam mimpi korbannya. Cobb (Leonardo DiCaprio) mendapatkan misi untuk melakukan “inception”, yaitu menanamkan suatu ide baru di alam bawah sadar sang korban. Hal ini tentu tidak mudah, Cobb dkk harus melalui berbagai lapisan mimpi yang seolah tidak ada habisnya. Penonton pun dibuat ikut terombang-ambing antara batas kenyataan dan alam mimpi. Dengan budget sebesar Rp 2,1 triliun, Inception berhasil meraup Rp 10 triliun dan menjadi salah satu film terlaris di tahun 2010. Tak cuma itu, Inception juga memenangkan 4 Oscar sekaligus!

4. Interstellar (2014)
Lewat film Interstellar, Christopher Nolan mencoba bereksperimen dengan tema ruang angkasa. Dalam film ini dikisahkan bumi sudah tidak layak dihuni, sehingga para astronot ditugaskan mencari planet baru untuk habitat manusia. Salah satunya adalah Cooper (Matthew McConaughey), yang terpaksa meninggalkan keluarganya dengan berat hati. Perbedaan waktu di setiap planet membuat Cooper tetap muda, sementara anak-anaknya di bumi terus bertambah tua. Duh, siap-siap nangis bombay deh nonton film ini. Eits, film Interstellar bukan sekedar fiksi lho, melainkan didukung dengan penjelasan ilmiah dari ahli astrofisika Prof. Kip Throne.

5. Dunkirk (2017)
Yup, ini dia film terbaru Nolan yang sudah lama kita tunggu-tunggu. Berbeda dengan film-film sebelumnya, Dunkirk mengangkat kisah sejarah Perang Dunia II, di mana terjadi evakuasi besar-besaran para prajurit Inggris di pesisir pantai Perancis pada tahun 1940. Uniknya, film ini benar-benar menggunakan pesawat tempur asli lho, tanpa CGI! Walau zaman sudah modern, rupanya Nolan tetap ingin melestarikan teknik sinematografi klasik. Totalitasnya semakin teruji saat pesawat-pesawat tempur ini dihancurkan agar Dunkirk terlihat semakin nyata.
Dunkirk (2017) yang mulai rilis di akhir minggu Juli 2017, saat ini masih sedang tayang di bioskop-bisokop Indonesia.
Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More