Jumat, 04 Agustus 2017

She Shoots Straight (1990) : MOVIE REVIEW

Joyce Godenzi, mantan Miss Hong Kong blasteran China Australia, memiliki karir yang singkat sebagai lead actress, sebelum dinikahi Sammo Hung Kam-Bo pada tahun 1995 dan pensiun dari dunia industri perfilman. Beberapa filmnya yang menjadikan dia sebagai lead actress adalah film-film action populer bersub genre Girls with Guns yang pada era akhir 80an dan awal 90an booming di jagat perfilman HK, yang memiliki wajah-wajah sangat populer seperti diantaranya Michelle Yeoh yang kala itu memakai nama Michelle Khan, Cynthia Khan, Moon Lee atau Kara Hui.

Dari karirnya di dunia perfilman yang singkat, Film paling terkenal Joyce Godenzi tetap adalah “She Shoots Straight” hasil besutan Corey Yuen, di mana dia berperan sebagai Mina seorang polisi yang berorientasi pada karir yang menikah dengan Tsung-Pao (Tony Leung Ka Fai), satu-satunya anak lelaki dalam keluarga Huang. Konflik dari awal film sudah terjadi, ketika Mina harus menghadapi kebencian keempat saudari suaminya, yang tidak menerima kehadiran Mina di keluarga Huang (dan rumitnya, mereka semua adalah polisi di bawah komando Mina, dan pastinya karena kebencian mereka tsb, mereka selalu mempersulit ruang kerja Mina), disamping itu Mina dituntut untuk segera punya bayi, padahal memiliki bayi cepat-cepat adalah salah satu keengganan Mina sebagai wanita karier. Adik perempuan tertua, Ling (Carina Lau) yang kelihatannya sangat menentang Mina, dan marah mendapati bahwa ibu dan abangnya sendiri memihak kepada Mina dalam setiap argumen.

Pada saat yang sama, mereka harus mengesampingkan perbedaan/perseteruan mereka demi untuk mencegah aksi sekelompok penjahat Vietnam (dipimpin Yuen Wah) yang melakukan serangkaian kejahatan di Hong Kong.

She Shoots Straight memiliki dua kekuatan utama sebagai film drama aksi yaitu action yang ciamik dan drama yang asyik. Yang paling mengejutkan, dari semua sutradara di sini adalah Corey Yuen, yang sebelumnya dengan gilang gemilang sukses menyuguhkan dua film Girls with Gun paling sukses pada era tersebut (Yes, Madam! dan Righting Wrongs). Corey Yuen, lagi-lagi tak tertandingi utk di pementasan adegan aksi brutal dengan bingkai yang masuk akal bagi mereka. Preposterousness sangat hadir dalam film, seperti ketika penjahat Vietnam membunuh Tsung-Pao yang tertancap ranjau kayu buatan, ketika fight menyelamatkan adiknya Ling yang dijebak utk datang ke Taman Umum, tampak masuk akal dan sahih aja di tempat sang penjahat, tanpa kita sang penonton nyadar dan lalu sempat nyinyir... “Lo Koq Bisa ?”. Tetapi semua aksi laga “agak” membumi dan serius, dan kaki panjang yang dimiliki oleh Joyze Godenzi bermanfaat untuk menunjukan dirinya pantas sebagai bintang aksi yang laga dan keberaniannya setingkat dengan para bintang aksi lainnya, walaupun belum setaraf Cindy Rothrock dan Kara Hui yang konon memiliki kepandaian ilmu bela diri tingkat atas. Namun disinilah keahlian para Penata Laga dari perfilman HK Mandarin, mereka begitu luwes dan halus, sehingga adegan2 baku gebuk yang dilakukan para aktrisnya tampak sangat nyata dilakukan oleh aktris yang bersangkutan meskipun memakai pemeran pengganti.

Selain Joyze Godenzi yang bermain sangat cantik, Di She Shoots Straight, Carina Lau sebagai Ling juga menunjukan kepiwaiannya beraksi baku gebuk dan tendang dengan sangat baik dan ciamik. Tak bisa dilupakan, penampilan Agnes Aurelio sang binaragawati Filipina yang bersama Joyze Godenzi tampil sangat apik dalam Final Battle mereka diakhir film.

Pertarungan akhir menampilkan pertarungan Full Body Contact diantara dua wanita perkasa yang sangat-sangat EPIC.

She Shoots Straight (1990), film aksi drama HK bersub-genre Girls with Gun, akan sangat menyegarkan sebagai hiburan atau tontonan bagi para penggemar film aksi, penggemar aksi HK Mandarin jadul khususnya... dan satu hal yang pasti, Sammo Hung Kam-Bo yang difilm ini bertindak sebagai Produser, kentara banget mensupport Joyce Godenzi, --yang kala itu-- sang calon istri, untuk menjadi salah satu bintang aksi HK Mandarin sejajar dengan wajah-wajah populer di sub-genre Girls with Gun.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More