Senin, 11 Maret 2013

Laut dalam Film

Banyak film berbagai genre yang mengetengahkan lau sebagai unsur pendukung, mulai dari genre drama percintaan, perang, hingga horror. Mungkin kita tidak akan pernah lupa dengan serial film Pirates of The Carribbean yang bersetting di laut.

Lalu, unsur-unsur apa sajakah yang kerap muncul dalam film bersetting lautan ? Berikut beberapa diantaranya yang kami kutip dari cinemags magazine.

1. Kapal Induk.
Kapal pengangkut pesawat tempur ini adalah bukti supremasi negara besar, seperti Amerila Serikat dan Soviet. Hanya sembilan negara di dunia yang memilikinya. Dalam film Top Gun dan Stealth, kapal pengangkut pesawat tempur ini memegang peranan penting sebab menunjukan betapa dahsyatnya kekuatan militer Amerika Serikat. Memiliki kapal seperti ini selain menguntungkan secara militer, juga secara politik walau ongkos pemeliharaannya sangat mahal.
Ada dalam film : Top Gun (1986), Stealth (2005), Pearl Harbor (2001)


2. Kapal Bermitos
Dalam empat film bajak laut Karibia, kapal The Black Pearl menjadi 'aktor' utamanya. Kapal yang dikapteni Jack Sparrow dan juga Hector Barbossa ini memiliki ciri warna hitam. Kapalnya diangkat dari dasar laut oleh Davi Jones setelah melakukan perjanjian dengan Sparrow. Kapal lainnya adalah Flying Dutchman yang muncul dalam Dead Man's Chest. Untuk kapal hantu, ada film Ghost Ship yang mengisahkan petualangan dalam kapal yang berhantu.
Seperti terlihat di film : Pirates of the Carribbean quadrilogy (2003-2011), Ghost Ship (2002), Triangle (2009)

3. Kapal Selam
Mampu berada di bawah permukaan laut adalah kelebihan tersendiri. Pertama kali dipakai untuk di Perang Dunia 1, kapal selam ini dipakai untuk menyerang kapal musuh, bahkan sesama kapal selam lainnya. Versi canggihnya bahkan ada yang bisa meluncurkan roket berhulu ledak nuklir. Dalam layar lebar, ruang sempit kapal selam sering dijadikan salah satu faktor yang membuat cerita menarik sebab karakternya harus tahan hidup di ruang sempit serta mengalami ketegangan yang ada.
Seperti terlihat di film : Crimson Tide (1995), The Hunt for the Red October (1990), Das Boot (1982), U-571 (2000), Tintin Anomation

4. Kapal Pesiar
Kapal pelayaran pelesir ini memang khusus untuk orang kaya yang ingin berlibur. Salah satu yang legendaris dan tragedinya dikenang sampai sekarang adalah kapal Titanic yang demi alasan keindahan, malah tidak memasang sekoci penyelamat yang cukup untuk keadaan darurat. Filmnya sendiri yang rilis tahun 1997 menjadi film terlaris sepenjang masa sebelum digeser Avatar oleh sutradara yang sama.
Seperti terlihat di film : Titanic (1997), Poseidon (2006)

5. Dunia Tanpa Daratan
Apa yang terjadi jika bumi tidak ada tanah lagi ? Memasang Kevin Costner sebagai pemeran utamanya, film ini berusaha menggambarkan dunia tahun 2500 dengan budget US$175 Juta, termahal pada masanya. Costner berada di lokasi syuting selama 157 hari bahkan banyak melakukan adegan berbahaya tanpa memakai stuntman. Kapal Trimaran-nya sendiri dirancang dengan khusus dan bisa berlayar.
Seperti terlihat di film : Waterworld (1995)

6. Binatang Laut Mematikan.
Ikan hiu sudah ada di bumi sejak 420 juta tahun yang lalu dan memiliki 440 species. Bisa hidup sampai kedalaman 2000 meter, wajahnya yang sangar menjadi 'aktor' utama film blockbuster Jaws di mana hiunya adalah hiu putih dengan gigi tajam yang menyerang manusia di pantai. Tiga sequelnya tidak sesukses film pertamanya dan sesudahnya muncul banyak film yang mencontek premis Jaws, bahkan ada yang lebih jauh seperti dalam Mega Shark vs. Giant Octopus.
Ada di film : Jaws (1975), Deep Rising (1998), Deep Blue Sea (1999), Piranha 3D (2010), Shark Night 3D (2011)


Sumber : majalah Cinemags dengan judul artikel 'To Sea Inside'

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More