Jumat, 13 Juni 2014

OCULUS (2014) ~Kamu Akan Melihat Apa Yang Ingin Kamu Lihat~

Cerita horror tentang seseorang yang yang kerasukan setan atau mungkin meminjam istilah orang Indonesia disebut dengan “kesurupan” sudah seringkali diangkat ke layar lebar bukan hanya oleh sineas Indonesia tapi juga sineas Hollywood. Bagi para penggemar film horror, pasti tidak akan asing dengan film bergenre sejenis yang legendaris The Exorcist (1973).

Kini, cerita tentang seseorang yang kerasukan diangkat juga ke layar lebar oleh sutradara Mike Flanagan yang menvisualisasikan hasil penulisan skenario dari dia sendiri dan Jeff Howard yang bercerita tentang seorang ibu moderen lemah lembut penyayang yang mendadak berubah menjadi ganas beringas setelah melihat penampakan dari sebuah cermin terkutuk yang dipandanginya.


Cerita dibuka dengan kisah Tim Russell (Brenton Thwaites) yang dirawat di panti rehabiltasi mental (RSJ) karena diduga membunuh keluarganya pada waktu masih kecil kepada dokter yang merawatnya tentang mimpi-mimpinya selama ini yaitu bayangan dirinya bersama kakak perempuannya Kaylie Russell, ketika masih kecil menerima terror dari pembunuhan keluarganya yang lalu tiba-tiba sosok Tim yang sudah dewasa menodongkan pistol hendak membunuh kakaknya.

Atas diognosa dokter yang merawatnya, Tim-pun dibebaskan dan dijemput oleh Kaylie (Karen Gillan), yang baru saja menemukan cermin milik keluarga mereka di pelelangan. Cermin tersebut, dimiliki oleh keluarga mereka pada saat mereka pindah rumah, dan dipajang di kamar kerja ayahnya, 11 tahun yang lalu.

11 tahun yang lalu, sejak keberadaan cermin tersebut, kedamaian keluarga Russell terganggu. Beberapa keanehan sering terjadi dan yang seringkali melihatnya adalah Kaylie. Seperti tiba-tiba ada sosok wanita yang sedang memijit mesra bahu sang ayah, Allan Russell (Rory Cochrane) di kamar kerjanya yang oleh Allan, sosok tersebut diyakini sebagai Marisol, hantu perempuan yang keluar dari cermin. Sikap Allan-pun mulai berubah, selain menjadi dingin dan pemarah, dia pun jadi lebih sering menghabiskan waktunya di kamar kerja dan melarang semua anggota keluarganya masuk ke kamar kerjanya. Melihat sikap suaminya yang menjadi berbeda, sang istri, Marie Russell (Katee Sackhoff) mulai menjadi jengkel dan uring-uringan serta memendan rasa cemburu. Pernah suatu ketika, anjing mereka yang tak henti-hentinya menggonggong di depan kamar kerja Allan, saking jengkelnya anjing tersebut dimasukkan ke dalam kamar kerja tersebut dan dikunci. Ketika dibuka kembali, anjing itu lenyap entah kemana. Hal tersebut memicu pertengkaran-pertengkaran antara Allan dan Marie dan anak-anak mereka sering mendengarnya. Puncaknya adalah, dengan penuh kejengkelan, Marie masuk ke kantor allan, pada saat suaminya tersebut sedang keluar dan memecahkan barang-barang di kantor Allan sambil menangis, lalu ketika melihat cermin, Marie bercermin memeriksa luka bekas operasi di perutnya yang dia yakini menjadi biang penyelewengan allan. Saat itulah, tiba-tiba Marie kerasukan mahluk yang ada di cermin tersebut, dan pada saat anak-anak datang hendak melihat ibunya yang menjerit histeris, marie malah mencekik Tim dan hendak membunuhnya. Anak-anak yang ketakutan lari keluar kantor allan, dan bersembunyi di balik pintu. Untung datang Allan yang merasa kaget melihat anak-anaknya, dan saat memeriksa kantornya, marie keluar menguber Tim dan Keylie yang lari ketakutan dan bersembunyi di kamar tidur mereka. Alan mengejar Marie yang ganas beringas, dan berhasil melumpuhkan marie. Semula alan menelpon paramedis dan ambulance untuk mengambil Marie yang terkulai lemas dalam pelukannya, tapi tiba-tiba ditengah percakapan telepon dengan petugas paramedis, alan mengurungkan niatnya dan seperti menerima perintah-perintah tertentu dari seberang telepon, yang lalu atas nama keamanan, Marie dikurung di kamarnya.

Keylie dan Tim yang merasa tidak tega melihat ibu mereka dikurung apalagi setelah melihat kondisinya yang dirantai oleh bapak mereka, menuntut Allan untuk mengobati Marie. Allan tidak menggubrisnya, malah sikapnya menjadi sinis. Melihat gelagat sang ayah yang berubah sikap, akhirnya keylie dan tim berusaha menghubungi dokter yang ternyata setelah mendengar penjelasan dari keylie tentang kondisi Marie, menyarankan agar keylie menghubungi pendeta untuk mengobati marie. Dengan diam-diam, keylie-pun berhasil mendatangkan pendeta, tapi ternyata pada saat datang ke rumah, sang pendeta itu ditolak oleh Allan.

Pada saat malam, allan membebaskan Marie. marie yang kerasukan mengejar-ngejar keylie dan tim hendak membunuh mereka. marie berhasil menangkap keylie dan mencekiknya disaksikan oleh Tim yang duduk di pojok sambil ketakutan. Melihat anaknya ketakutan dan hampir mati dalam cekikannya, Marie sadar dan melepaskan cekikannya. Lalu, tiba-tiba... DORR... terdengar suara tembakan, tubuh Marie ambruk ditembak mati oleh allan. Yang kemudian berbalik mengejar anak-anak hendak membunuh keduanya.

Dan siapa sebenarnya yang pertama kali kerasukan ???



Oculus, mengangkat kisah tentang terror mencekam dari sebuah cermin. Cermin tersebut mempunyai kutuk yang coba dikisahkan oleh sang sutradara kepada penonton melalui penjelasan dari keylie yang merekam kegiatannya untuk meyakinkan diriya bahwa itu memang cermin berhantu. Pada awal-awal film, adegan dibangun dengan lambat. Namun ternyata hal ini justru berhasil membangun ketegangan-ketegangan dan kepenasaran penonton. Kejutan-kejutan yang dihadirkan berhasil membuat kita yang menonton menahan nafas dan ikut merasakan ketakutan seolah-olah, terror tersebut hadir didepan kita sendiri. Selama kurang lebih 2 jam, jantung kita dipacu dan digedor dengan adegan-adegan tegang yang kita lihat dilayar.

Sayang alur cerita yang tumpang tindih antara kejadian masa lalu dan masa depan, saya rasa cukup mengganggu, namun mungkin hal ini dihadirkan untuk mencoba berkisah bahwa kita jadi dirancukan dengan antara kejadian nyata ataukah cuma khayalan.

But, so far, setelah tahun lalu kita berhasil dibuat menjerit-jerit ketakutan oleh para sineas Hollywood melalui film The Conjuring dan Insidious 2, lewat film ini-pun kita akan mendapatkan ketegangan yang sama...

OCULUS
Directed by: Mike Flanagan
Produced by: Marc D. Evans, Trevor Macy
Written by: Mike Flanagan, Jeff Howard
Based on: Oculus: Chapter 3 - The Man with the Plan by Mike Flanagan
Starring: Karen Gillan, Brenton Thwaites, Rory Cochrane, Katee Sackhoff
Music by: The Newton Brothers
Cinematography: Michael Fimognari
Editing by: Mike Flanagan
Studio: Blumhouse Productions, WWE Studios, Intrepid Pictures
Distributed by: Relativity Media
Release dates; September 8, 2013 (TIFF), April 11, 2014 (United States)
Running time: 103 minutes
Country: United States
Language: English
Budget: $5 million
Box office: $34,036,164

LINK FREE DOWNLOAD FILM OCULUS:

Untuk mendapatkan Link Free Download film OCULUS, silahkan KESINI



Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More