Jumat, 27 Juni 2014

SABOTAGE (2014) ~Aksi Gak Jelas dari Sang Jagoan Tua~

Arnold Schwarzenegger, meskipun sudah tidak muda lagi namun masih mengukuhkan dirinya sebagai bintang action Hollywood papan atas bersaing ketat dengan junior-juniornya seperti Vin Diesel, Dwayne Johnson, dll.

Namun sejauh ini sepertinya belum berhasil meraih kembali popularitasnya seperti era Terminator. Kita lihat, film-filmnya setelah comeback (The Last Stand, Escape Plan) tidak begitu bikin heboh chart box office sebagai film terlaris.


Kali ini dalam Sabotage (2014),Arnold Schwarzenegger berperan sebagai Breacher, seorang pimpinan team elit DEA yang anggotanya terdiri dari Monster (Sam Worthington), Sugar (Terrence Howard), Neck (Josh Holloway), Grinder (Joe Manganiello), Lizzy (Mireille Enos), Pyro (Max Martini), Tripod (Kevin Vance), Smoke (Mark Schlegel), yang menjalankan misi untuk mencuri uang dari kartel narkoba.

Malangnya, uang 10 juta tersebut hilang tanpa diketahui siapa yang mengambilnya. Tuduhan tertuju kepada Breacher dan anggotanya, namun semua tidak terbukti, sehingga akhirnya ia dan timnya kembali memperoleh lencana.

Meskipun sudah memperoleh kembali lencana mereka, Kepercayaan diantara sesama anggota tim tidak kembali seperti semula, karena mereka saling curiga bahwa pencuri uang tersebut adalah salah satu dari mereka. Hingga akhirnya secara misterius, satu-persatu anggota timnya dibunuh dengan sadis.

Detektif Caroline Brentwood (Olivia Williams) pun turun tangan untuk menyelidiki pembunuhan ini. Kecurigaan di dalam tim tersebut juga membuncah: apakah ini perbuatan dari kartel narkoba atau salah satu dari anggota tim?

Sebagai film aksi laga yang penuh baku ledak baku tembak, Sabotage memang menjanjikan hal tersebut, namun dari segi cerita yang ditulis oleh Skip Woods dan David Ayer ini terlihat sangat lemah. Plot cerita sejak awalnya sudah tidak cukup kuat.

Pertanyaan-pertanyaan seperti : Apakah yang sebenarnya sedang terjadi? kenapa anggota elit DEA harus mencuri uang 10 juta? Yang bahkan di akhir cerita, Lizzy menceritakan bahwa mencuri uang adalah usul dari Breacher, namun kalau memang itu adalah usul dari Breacher, sebenarnya apa sich tujuan utama dari misi DEA tersebut? Apakah untuk mencuri uang atau untuk menangkap kartel narkoba? Sampai akhir film, penonton sama sekali tidak diberi jawaban  “apa sih misi Team DEA yang dipimpin oleh Breacher tersebut?”

Kemudian terungkap fakta, bahwa yang mengambil uang tersebut adalah Breacher yang berani mengambil resiko demi untuk menemukan pembunuh keluarganya. Kenapa Breacher sampai mempertarukan semuanya dengan mengambil uang tersebut, untuk apa ? Motivasi Breacher yang ingin ditunjukkan si penulis melalui film ini sama sekali tidak kuat, karena sampai film berakhir kita tidak paham mengapa uang tersebut bermain dengan penting? Well, Oke, kita bisa tahu kalau uang tersebut digunakan untuk menyuap informasi dari polisi Mexico. Tapi, hanya untuk uang suap?? Seorang anggota DEA tentunya bisa berbuat lebih dalam membalas dendam, daripada sekadar “menyuap”. Tidak masuk akal !!

Lalu, saat mulai seru-serunya kita mencoba menebak-nebak siapa gerangan pembunuhnya, tiba-tiba sang sutradara dengan santai membuka misteri tersebut, sehingga apa yang seharusnya menjadi bagian klimaks menjadi begitu hambar dan sangat anti klimaks. Cukup disayangkan, jika pada akhirnya kita tidak perlu berpikir, karena pembunuhnya sudah diperlihatkan dengan sendirinya? Lantas untuk apa dari awal sampai akhir identitas pembunuh disembunyikan??? Benar-benar bukan penyelesaian yang cerdas.

Dari sini, sudah sangat jelas memang, kalau Sabotage terlalu menumpukkan tanggung jawab kepada Arnold. Jelas suatu strategi yang buruk, mengingat penampilan Arnold sendiri sudah tidak sekeren jaman mudanya. Plot cerita yang berantakan juga turut menyeret seluruh film ini menjadi tipuan belaka.  Pendalaman karakter yang seharusnya bisa dibuat lebih tajam dan menjual, justru sangat lemah dalam film ini, membuat semua anggota elit DEA ini hanya tampak seperti orang-orang sakit jiwa yang haus darah. Kasihan sekali para artis yang sudah bersusah-payah mencoba memberikan nyawa bagi tokoh ini, karena toh pada akhirnya apa yang mereka perbuat tidak menyumbang keberhasilan karena bobroknya naskah yang ditulis Skip Woods & David Ayer.


SABOTAGE (2014)
Directed by David Ayer Produced by Bill Block David Ayer Ethan Smith Paul Hanson Palek Patel Written by Skip Woods David Ayer Starring Arnold Schwarzenegger Sam Worthington Olivia Williams Terrence Howard Joe Manganiello Harold Perrineau Martin Donovan Max Martini Josh Holloway Mireille Enos Music by David Sardy Cinematography Bruce McCleery Edited by Dody Dorn Production company Albert S. Ruddy Productions Crave Films QED International Roth Films Distributed by Open Road Films Release date(s) March 19, 2014 (Los Angeles) March 28, 2014 (United States) Running time 109 minutes Country United States Language English


LINK FREE DOWNLOAD FILM SABOTAGE ADA DISINI



Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More