Senin, 30 Juni 2014

Transcedence (2014) ~ What If A New Intelligence Was Born~


Transcendence adalah film science-fiction yang mengangkat cerita tentang pasangan Dr. Will Caster (Johnny Depp) & Evelyn Caster (Rebecca Hall) yang berambisi untuk menciptakan kecerdasan buatan yang mampu membuat dunia menjadi lebih baik : menyembuhan kanker, memulihkan alam, dsb.

Namun insiden terjadi, kolega dan tim mereka dibunuh oleh sebuah organisasi ekstrem anti-teknologi yang dipimpin oleh Bree (Kate Mara). Bahkan Dr. Will Caster sekarat karena tertembak. Evelyn tidak siap kehilangan suaminya, sehingga ia mengajak sahabat mereka Max Waters (Paul Bettany) untuk membuat eksperimen memindahkan kesadaran Will ke dalam PINN --sebuah prosesor yang sangat amat cerdas buatan Will--.

Ketika percobaan ini berhasil, Will hidup di dalam PINN, meminta untuk dihubungan dengan internet. Ketika Max merasa semua ini tidak benar, ia diusir oleh Evelyn yang sudah terlanjur bahagia karena dapat bersama suaminya lagi. Rekening Evelyn telah diisi oleh Will dan mereka memperluas pekerjaan mereka di kota terpencil, Brightwood.

Impian mereka menjadi kenyataan ketika 2 tahun kemudian Will menemukan nanotechnology yang mampu menyembuhkan orang seketika. Namun obsesi Will menjadi terlalu bahaya karena akan membawa evolusi besar-besaran di dunia, Evelyn pun disadarkan oleh Max, Joseph Tagger (Morgan Freeman), Agen FBI Buchanan (Cillian Murphy).


Konsep cerita yang diangkat Transcendence sebenarnya cukup menarik, terlepas dari tema yang sudah umum di dunia scifi. Debut penyutradaraan Wally Pfister yang biasanya menjadi cinematographer dari film-film Christopher Nolan juga berhasil menyajikan visual yang artistik. Banyak potongan-potongan gambar yang indah dan meyakinkan. Namun sayang, naskah film ini terlalu lemah, dan penyutradaraan Wally Pfister masih terasa kaku, meskipun Christopher Nolan menjadi produsernya.

Dan ya, dari sisi naskah inilah sisi terburuk dari film Transcedence, hingga membuat film ini gagal dipasaran. Oya, Film Transcendence diberitakan gagal meraih box office menyaingi rivalnya Captain America: The Winter Soldier ketika dirilis. Film yang dibintangi oleh Johnny Depp ini sudah tayang di bioskop-bioskop dunia sejak 18 April 2014 lalu, namun ‘hanya’ memperoleh pemasukan sebesar US$11,2 juta saja. Angka yang jauh di bawah modal pembuatan film tersebut yang mencapai US$100 juta.

Film genre fiksi ilmiah karya Wally Pfister ini juga tak menghasilkan laba besar di bioskop-bioskop luar Amerika termasuk dari bioskop di Indonesia yang hanya meraup US$17,4 juta. Jika dijumlahkan dengan pendapatan di negara asalnya, maka hasilnya adalah US$28,5 juta. Masih tetap tak bisa mengembalikan modal awal pembuatannya.

Dikabarkan penyebab jatuhnya film Transcendence di box office diduga akibat banyak review negatif dari penonton yang membuat ulasan. Di antaranya adalah dari laman Rotenomatoes yang menampilkan review buruk dari film ini jauh lebih banyak ketimbang yang baik. Mereka menulis jika dari segi skenario atau jalan cerita film ini masuk kategori ‘busuk’. Akan tetapi dari sisi visual dan editing film ini memang baik. Tak heran sebenarnya sebab film tersebut memakan biaya yang besar sekali.

Bagaimana dengan akting Johnny Depp sendiri? Sepertinya tak ada yang meragukan kualitas akting pemeran Jack Sparrow dalam Pirates of Caribean tersebut. Akan tetapi memang bagusnya akting seorang pemain tak selalu mampu menarik minat penonton.

TRANSCEDENCE 
Directed by Wally Pfister Produced by Broderick Johnson Andrew A. Kosorve Kate Cohen Marisa Polvino Annie Marter David Valdes Aaron Ryder Written by Jack Paglen Starring Johnny Depp Morgan Freeman Rebecca Hall Kate Mara Cillian Murphy Cole Hauser Paul Bettany Music by Mychael Danna Cinematography Dane Dehan Edited by David Rosenbloom Production company Alcon Entertainment DMG Entertainment Straight Up Films Distributed by Warner Bros. Pictures (United States & Canada) Summit Entertainment (International) Release date(s) April 10, 2014 (New York City) April 18, 2014 (United States and China) Running time 119 minutes Country United States China Language English Budget $100 million[3] Box office $82,978,023

LINK FREE DOWNLOAD FILM TRANSCEDENCE ADA DISINI



Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More