Jumat, 04 Juli 2014

Apa Kabarnya Boboho Sekarang ?

Kamu yang terlahir dan besar pada tahun 90-an, tentu bangga memiliki julukan Generasi 90-an. Ada yang bilang, Generasi 90-an memang patut bersombong diri karena mereka telah mengalami masa kecil dan remaja yang dihiasi oleh beragam musik, sinetron dan film bermutu.

Salah satu yang menjadi tontotan wajib anak-anak 90-an adalah sebuah film kungfu komedi asal Taiwan berjudul SHAOLIN POPEY. Film rilisan tahun 1994 itu memasang seorang aktor cilik bernama Hao Shaowen (Steven Hao) yang sok tahu dan super jahil. Nama Shaowen mungkin tak terkenal di Indonesia, karena bocah itu lebih dikenal dengan nama Boboho.


Setiap aksi Boboho selalu mengundang tawa banyak orang. Bersama dengan rekannya sang bocah ahli kungfu yang diperankan oleh Shi Xialong (Aston Chen), mereka berdua menjadi idola anak kecil. Kini 20 tahun sudah berlalu, banyak yang bertanya, seperti apakah penampilan mereka sekarang?

1. BOBOHO KECIL

Wajahnya yang tembem dan lucu memang membuat siapapun gemas melihat sosok Hao Shaowen. Alih-alih dikenal dengan nama aslinya, Shaowen justru lebih populer dengan julukan Boboho. Film SHAOLIN POPEY yang dirilis tahun 1994 silam membuat Shaowen menjadi idola banyak remaja dan anak-anak generasi 90-an.

Dalam film itu, Shaowen berperan sebagai Boboho. Bocah botak yang memiliki senyum khas sok tahu dan super jahil. Gayanya yang menyebalkan bukannya membuat orang tak suka, tapi justru gemas pada Shaowen. Beberapa film Shaowen sebagai Boboho adalah SHAOLIN POPEY I & II, ADVENTURE OF TREASURE ISLAND, THE MARVELLOUS COOK, TROUBLE MAKER sampai HEAVENLY LEGEND: MONKEY KING THE MOVIE.

Popularitas itu membuat Shaowen menjadi salah satu bocah termahal di Taiwan. Saat membintangi SHAOLIN POPEY di tahun 1994, Shaowen masih berusia empat tahun. Namun dia sudah mampu membelikan tiga rumah mewah dan dibayar mencapai CNY 50 ribu (Rp 96,1 juta) setiap membintangi satu episode program TV.

2. BOBOHO KINI

Bertahun-tahun telah berlalu dan popularitas Boboho semakin pudar. Hao Shaowen pun melanjutkan hidupnya sampai dia sudah tumbuh sebagai mahasiswa. Shaowen rupanya diterima di jurusan Manajemen Transportasi di Universitas Tamkang Taiwan. Namun kehidupan Shaowen saat remaja sangat berbeda dengan ketika dia kecil.

Beberapa media Taiwan bahkan memberitakan jika demi membayar uang kuliah, Shaowen bahkan tak malu harus bekerja di toko es krim. Bukannya malu, Shaowen justru berpendapat bahwa apa yang dia lakukan ini merupakan aplikasi langsung ilmu kuliahnya. Sama seperti saat menjadi Boboho, Shaowen tetaplah pemuda gemuk dan mungkin berkurang sedikit sisi gemas pada dirinya.

Perubahan kehidupan sempat membuat Shaowen enggan bermain film kembali. Namun dia mulai mencoba akting dewasanya dengan terlibat dalam salah satu film romantis terbaik Taiwan, YOU'RE THE APPLE OF MY EYE. Dalam film itu, Shaowen yang kini dikenal dengan nama Steven Hao, berperan sebagai pemuda tambun A-He yang sempat menjadi kekasih si cantik Shen Chia Yi (Michelle Chen).

3. AHLI KUNGFU CILIK

Siapakah selain Hao Shaowen yang paling kamu ingat dalam film-film Boboho? Yap, benar jika kamu menjawab itu adalah Shi Xiaolong yang selalu berperan sebagai teman Boboho yang sangat jago kungfu.

Berbeda dengan Boboho yang jahil, Xiaolong selalu berperan sebagai bocah disiplin yang memiliki kemampuan bela diri di atas rata-rata. Tak salah memang jika Xiaolong sangat jago kungfu.

Bocah yang dua tahun lebih tua daripada Shaowen ini adalah murid dari Shi Yongxin, kepala biara kuil Shaolin. Jadi semenjak dia berusia dua tahun, Xiaolong memang sudah berlatih kungfu. Sehingga apa yang ditampilkan Xiaolong dalam film-film Boboho, itu memang kemampuan asli dari dirinya.

4. DEWASA DAN GANTENG

Sama seperti kebanyakan aktor cilik lainnya, Shi Xiaolong juga memutuskan rehat dari dunia entertainment untuk fokus pada pendidikannya. 10 tahun semenjak SHAOLIN POPEY rilis, pada tahun 2003, Xiaolong yang berusia 15 tahun memutuskan pergi ke Amerika Serikat untuk menempuh pendidikan SMA di sana.

Saat kembali ke Taiwan dua tahun kemudian, Xiaolong rupanya tergoda untuk berakting dan dikenal dengan nama internasional sebagai Ashton Chen. Tahun 2007, Xiaolong kembali ke Amerika Serikat dan berhasil lulus SMA di sana pada tahun 2008. Setelah pendidikannya usai, Xiaolong siap fokus lagi ke industri hiburan Taiwan.

Ilmu kungfu yang dia miliki semenjak kecil, membuat Xiaolong tidak sulit mendapatkan tawaran bermain film. Bahkan dia sempat terlibat dalam salah satu film kungfu terbaik, IP MAN 2. Setuju kan kalau Xiaolong dewasa semakin ganteng?

5. DUA BOCAH IDOLA 90AN
Tahun memang sudah berlalu. Industri perfilman Taiwan kini mungkin sudah tidak membebankan pada film bergenre kungfu komedi. Bahkan bisa dibilang, film Taiwan perlahan tergerus oleh film Korea Selatan di kancah Asia.

Namun tak bisa dipungkiri, jika karakter Boboho memang menjadi salah satu ikon anak-anak generasi 90-an. Setiap kali liburan sekolah tiba, kamu tentu masih ingat bagaimana kamu menonton film yang mungkin jalur ceritanya sudah sangat kamu hafal.

Pendek kata, baik Hao Shaowen dan Shi Xiaolong adalah idola anak-anak jaman dulu. Siapa yang lebih kamu sukai di antara mereka berdua?

6. MEREKA BERDUA TELAH TUMBUH

Dua puluh tahun berlalu semenjak popularitas SHAOLIN POPEY. Dua pemain kunci mereka yakni Hao Shaowen dan Shi Xiaolong juga tidak lagi bocah menggemaskan tetapi sudah menjadi seorang pemuda dewasa.

Kendati karir akting Shaowen bisa dibilang kalah dibandingkan Xiaolong, sepertinya jalan karir mereka berdua ke depan masih terbuka lebar. Dan sejatinya saat inilah bukti sesungguhnya apakah mereka mampu mengulang masa kejayaan seperti dulu.

Semoga saja bakal ada film yang menggabungkan mereka berdua main bareng lagi ya!

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentarlah dengan baik...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More